Akankah Bank Kanada menjadi dove?

Akankah Bank Kanada menjadi dove?

Diperbarui • 2019-11-11

Bank Kanada akan mengumumkan tingkat suku bunga besok (7 Maret pukul 17.00 waktu MT). Kekhawatiran tentang perang dagang yang muncul setelah Donald Trump mengumumkan penetapan tarif impor mempengaruhi ekonomi Kanada dan ekspektasi kenaikan suku bunga di masa depan.

Bank Kanada (BOC) telah menaikkan suku bunga sebesar 0,25 persen menjadi 1,25% pada bulan Januari 2018. Jadi para ahli tidak mengharapkan kenaikan lagi besok. Dua kenaikan suku bunga berturut-turut biasanya tidak mungkin terjadi. Namun, ada keraguan tentang jumlah kenaikan lainnya dan suasana hati pidato Gubernur.

Terakhir ketika Bank Kanada menaikkan tingkat suku bunga, hal itu cukup mengkhawatirkan perkembangan perdagangan. Negosiasi NAFTA menciptakan ketidakpastian.

Saat ini, situasinya menjadi lebih buruk karena AS berencana untuk memberlakukan tarif baja dan aluminium. Langkah tersebut merusak ekonomi Kanada, karena Kanada mengekspor hampir 90% bajanya ke AS untuk mengambil bagian terbesar dalam impor baja AS secara keseluruhan. Berita tentang tarif membuat loonie menderita. Dolar Kanada mengalami minggu terburuk dalam setahun. Kanada mengatakan akan melakukan pembalasan jika tarif tersebut diimplementasikan berlawanan. Jadi perang dagang antar negara akan berdampak buruk pada ekonomi Kanada. (Lebih jauh tentang perang dagang dan dampaknya terhadap ekonomi bisa Anda baca di sini).

Isu ketidakpastian lainnya adalah data ekonomi yang cukup melunak setelah kenaikan suku bunga terakhir. Pertumbuhan ekonomi menunjukkan angka yang lebih kecil yang diproyeksikan pada kuartal terakhir 2017 karena belanja konsumen menurun. Pekerjaan bersih menunjukkan penurunan bulanan terbesar sejak 2009. Penjualan ritel juga turun. Anggaran federal membuat defisit fiskal stabil.

Screenshot_1.png

Suber: TRADING ECONOMICS

Berdasarkan data ekonomi yang menurun dan ketidakpastian tentang tarif AS, para ahli mengubah prediksi mereka mengenai kenaikan suku bunga di masa depan. Manajer uang terbesar di dunia BlackRock memangkas perkiraan dari dua menjadi satu tahun ini.

Tidak semua ahli setuju dengan ramalan ini. Namun, mereka masih mengharapkan dua kenaikan suku bunga, jika sebelum peluang bahwa Bank Kanada akan menaikkan suku bunga pada 30 Mei sekitar 80%, sekarang turun menjadi 50%. Analis mengatakan bahwa jika Bank Kanada menaikkan tingkat bunga dua kali tahun ini, pernyataannya tidak akan lagi hawkish. Kemungkinan besar, Gubernur - Mr. Poloz akan berhati-hati dalam kata-katanya.

Jika kita melihat grafik, kita dapat melihat bahwa loonie bisa menguat sebelum pernyataan Bank Kanada. Namun, tanpa dukungan dari bank sentral, dolar Kanada akan menderita lagi.

USDCADDaily.png

Jika pasangan USD/CAD menembus resistensi di level 1,30, ini berarti depresiasi loonie yang hebat. Seperti yang bisa kita lihat, pasangan ini telah menembus retracement Fibonacci 50.0 dan bergerak lebih jauh. Ini menciptakan kekhawatiran bagi dolar Kanada karena area di atas 50,0 tidak normal untuk pergerakan mata uang. Support selanjutnya ada di level 1,28, jadi jika BOC menemukan peluang untuk mendukung mata uangnya, loonie memiliki peluang bagus untuk kembali.

Kesimpulannya, kita dapat mengatakan bahwa loonie berada di bawah risiko sekarang. Penurunan data ekonomi, risiko tarif AS membuat kebijakan Bank Kanada di bawah tekanan. Jika Bank Kanada tidak mampu menahan kebijakan moneter yang ketat dan menaikkan suku bunga setidaknya dua kali tahun ini, loonie akan terus terdepresiasi.

Menyerupai

Berita terbaru

Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?
Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?

XAUUSD naik ke rekor tertinggi baru pada perdagangan Senin (01/04/2024), di tengah meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga..melanjutkan kenaikan kuat minggu lalu hingga membentuk level puncak baru sepanjang masa

Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152
Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152

Pasar saham Asia sebagian masih libur dan sebagian lagi menguat pada perdagangan Senin (01/04/2024), karena optimisme data pabrikan Tiongkok mendukung..potensi intervensi otoritas Jepang terhadap yen Jepang diperkirakan berada di zona 152 – 155 yen. 

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera